Lihat Kegagahan Gunung Merapi dari Dekat di Gancik Hill, Selo, Boyolali

Siapa yang tidak mengenal kebesaran nama Gunung Merapi yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah tersebut. Gunung yang tidak pernah berhenti melakukan aktivitas vulkanik tersebut menyimpan banyak misteri. Dikenal sebagai gunung berapi teraktif di dunia dan mengalami letusan yang cukup besar pada tahun 2010 yang lalu dimana sang juru kunci Mbah Marijan ikut menjadi korban.

Namun nyatanya keanggunan dan keindahan Merapi masih sangat disukai oleh para pecinta alam dan pendaki. Kamu ingin bisa melihat Merapi dari dekat tetapi bukan termasuk pecinta alam dan pendaki gunung jangan kuatir. Untuk “menembus” langit Merapi tidak perlu harus mendakinya karena kamu cukup datang ke sebuah tempat yang diberi nama Gancik Hill.

Bisa dibilang Gancik Hill ini mirip dengan gardu pandang dimana tubuh kekar Merapi bisa kamu lihat dengan jelas terlebih jika cuaca sedang bagus dan tidak berkabut. Bahkan konon katanya kamu bisa melihat kota Solo dan sungai Bengawan dari tempat tersebut. Penasaran dan ingin datang ke Gancik Hill yang ada di wilayah Selo, Kabupaten Boyolali. Sebelum berkunjung ke kaki gunung Merapi tersebut ketahui dulu hal-hal dibawah ini.

Gancik Hill Top, Selo, Boyolali

Rute Perjalanan

Untuk bisa sampai di Bukit Gancik ini kamu bisa melewati jalur wisata Gunung Merapi yaitu ke arah Selo. Kalau dari arah timur atau Solo kamu bisa ikuti jalur bis Solo Semarang hingga nanti saat sampai di pertigaan Surowedanan (500 meter utara RSUD Boyolali) ambil jalur belok ke kiri atau ke arah barat, itulah jalan menuju kawasan Selo dan Merapi.

Jika dari arah Semarang kamu bisa ambil jalan dari bundaran Simpang Lima atau patung kuda ke arah barat menuju RSUD Boyolali.

Transportasi yang Bisa Digunakan

Kamu bisa menggunakan alat transportasi dengan kendaraan roda 4 (mobil) dan juga roda 2 (motor) untuk sampai ke kawasan gardu pandang Gancik tersebut. Hanya saja kalau menggunakan mobil maka hanya bisa sampai di area parkir saja yang jaraknya masih lumayan jauh dari lokasi.

Dari parkiran nantinya kamu harus melewati jalan setapak yang hanya bisa dilalui oleh motor saja. Tapi jangan kuatir karena akan ada banyak ojek yang siap mengantarkanmu sampai ke lokasi. Rasakan sensasi jalan setapak yang berkelok-kelok dan menegangkan sedangkan kebun sayuran ada di samping kiri dan kanan.

Fasilitas dan Keindahan

Setelah sampai di lokasi Gancik Hill kamu akan dibuat takjub dengan indahnya pemandangan yang terhampar. Kita akan merasa seperti sedang di atas awan dan sangat dekat dengan Gunung Merapi. Kamu bisa melakukan foto seru dengan spot yang indah dari atas menara yang ada disana. Atau juga di dekat prasasti kaki yang disebut sebagai Tapak Bima.

Kasi Jempol Yuk!

Klik dibawah ini...

Rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.